Tiga Unsur Manusia

Motto lama yang cukup terkenal tentang kejiwaan atau diri manusia “Mens sana in corpore sano” dengan makna kurang lebih maknanya “didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat”, setelah direnungkan kembali ternyata tidak 100% benar. Hanya dari sisi uji kalimat saja kita bisa memandang, bahwa tidak semua orang yang berbadan sehat, memiliki jiwa yang sehat. Demikian pula sebaiknya, kita dapati manusia yang memiliki masalah dengan kejiwaan secara permanen atau keturunan, ternyata bisa memiliki kesehatan fisik.

Bagaimana islam memandang tentang diri manusia ?

Allah menciptakan manusia terdiri dari tiga unsur; jasad, ruh, akal. Sebagaimana dalam surat At Tahrim:66 Allah SWT berfirman “dan (ingatlah) Maryam binti Imran yang memelihara kehormatannya, maka Kami tiupkan ke dalam rahimnya sebagian dari ruh (ciptaan) Kami, dan dia membenarkan kalimat Rabbnya dan Kitab-KitabNya, dan dia adalah termasuk orang-orang yang taat.”

dan Surah al-Mukminun:13-14: “Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah (12). Kemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim) (13). Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha Suci Allah, Pencipta Yang Paling Baik”

dan Surah Al-Imran:191 “(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.”

–to be continued–

1 Response so far »

  1. 1

    Sugeng Triwidodo said,

    Seiring Perjalanan Tarbiyah yang telah mengantarkanku mewujudkan niatan yang bersih, semoga Tarbiyatuna tetap Istiqomah dalam membimbing Umat ini.


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: