Ramadhan – Bulan Tarbiyah

Masjid

Ba’da Tahmid wa Sholawat,

Subhanallah, betapa tidak! Allah SWT telah mendekatkan kita pada bulan yang suci, bulan yang mulia, yang senantiasa kita tunggu saat bersamanya. Ya Robbi, sampaikanlah kami di bulan Ramadhan.

Setidaknya kita memiliki peluang yang luar biasa dalam bulan Ramadhan, diantaranya;

  1. Peluang peningkatan keimanan, tarbiyah imaniyah. Bukankah Allah SWT berkehendak supaya iman kita meningkat derajatnya menjadi Taqwa, dalam surat Al Baqarah 183; “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa“, didalam ibadah shoum hendaknya Allah-lah yang menjadi satu-satunya tujuan kita, satu-satunya pula yang harus kita tanamkan dalam qolbu sebagai “pengawas” terhadap ibadah shoum kita.
  2. Peluang peningkatan ukhuwwah islamiyah, didalam pelajaran shoum adalah sebagaimana kita yang berpuasa bisa merasakan betapa lapar-haus dan lemah orang-orang yang sehari-harinya kekurangan makan, karena miskin. betapa banyak sekarang ini kita cermati kondisi kekurangan yang dialami saudara-saudara kita, baik kekurangan pangan karena miskin, namun ada juga kekurangan pangan karena adanya musibah yang menimpa. Yang lebih menyedihkan lagi banyak saudara seiman kita yang sekarang ini menderita karena mendapat tekanan dari orang-orang kafir yang dzholim menindas mereka. Allahumaghfirlana…, selayaknya dengan shoum melatih kepekaan kita dan menggerakan kita untuk semakin peduli dan membantu saudara kita yang kekurangan dan menderita.
  3.  Peluang peningkatan tsaqofah, MasyaAllah yang umum kita dapati pada bulan Ramadhan, semua masjid-masjid dan bahkan lembaga-lembaga keislaman berlomba-lomba mengadakan kegiatan kajian keilmuan, kajian keislaman. Maka jadilah bulan ramadhan ini layaknya “semester pendek” untuk menempuh pendidikan islam.
  4. Peluang tarbiyah dakwiyah. Pada bulan ramadhan, manusia mudah tersentuh dengan seruan – dakwah, yang sebelumnya tidak pernah singgah di masjid, kini mereka berbondong-bondong ke masjid, meskipun hanya di waktu sholat tarawih. yang sebelumnya subuh terasa sepi di masjid, di bulan ini subuh di masjid penuh!, mereka adalah peluang dakwah. Kapan lagi kita bisa dengan mudah mengumpulkan manusia untuk mendengarkan seruan keimanan, wahai ikhwah! kesempatan antum terbuka saat ini untuk menyongsong syurga Allah melalui ajakan – seruan – dakwah kepada keluarga dan saudara-saudara di sekeliling kita.

WaLLahu a’lam bishowab

3 Tanggapan so far »

  1. 1

    sadalina said,

    Sata berharap segala isi dari website ini dapat membawa hidup kita lebih baik dan sesuai dengan ajaran agama yang benar

  2. 2

    sadalina said,

    asalamualaikumwr.wb saya sudah terhitung begitu banyak membaca isi dadi website ini Salam saya kepada Ustadz Firman langit.Saya merasa isi dari website ini memang sangat menarik dan saya sangat suka membacanya.Smoga maalah hidup ini tidak hanya dapat ditangani eleh ustadz Firman langit saja,tetapi kita kita semuanya sadar akan segala kesalahan kesalahan dan dosa dosa kita.Terima kasih saya ucapkan kepada Ustadz Firman Langit atas mengeluarkan website ini karna saya dapat memetik ssedikit ilmu dan mengembangkannya dalam cara berfikir saya yang benar.

  3. 3

    abiruni said,

    Ustadz Firman Langit ?

    apa ada didalam tulisan di blog ini yg salah ketik, mohon koreksi.


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: